Mahasiswa tea...

Mahasiswa...
Siang itu habis hujan desar sepagian hingga siang,, masih menyisakan rintik-rintik hujan dan suasana kelam dan dingin..
Hmm,, makan mie panas-panas sepertinya sangat enak dan hangat..
Kebetulan perut sudah keroncongan..
Lalu kuputuskan,, untuk makan mie di warung dekat kosan sebelum aku berangkat ke kampus..



Di warung,, ada tiga orang mahasiswa yang sedang mengobrol dengan asiknya..
Ternyata mereka satu fakultas denganku,, yaaa memang beda jurusan..
Tapi bukan itu yang penting..
Sambil menunggu pesanan tak sengaja aku mendegar percakapan mereka..
::bukan mau nguping,, da emang ngomongnya juga keras::

Obrolannya cukup menggelitik telingaku untuk ikutan menyimak apa yang mereka bicarakan..
::sekali lagi ngga maksud buat nguping,, da pasti kedengeran::


Secara garis besar begini percakapannya:
Orang 1: "urang mah nyante da jadi mahasiswa teh,, kumaha dei atuh da lulus ge geus puguh bakal ketrima jadi guru doang mah,, PNS lagi" (rev: bhs.sunda)
(:: saya sih santai2 saja jadi mahasiswa,, gimana lagi ya,, kalo lulus juga udah jelas pasti keterima jadi guru doang mah,, PNS lagi)
Orang 2 : " naha?" (kok bisa??)
Orang 1 : " iyalah di asal urang mah,, lowongan dibuka buat 7 orang yang daftar cuma 3 atau 4 orang.. Pasti keterima lah.. haha.."
Orang 2 : " iya bener,, da urang ge sarua,, da urang mah moal jadi guru sebagai profesi utama,, urang mah rek wirausaha,, jadi we kuliah mah nya kiye we"
Orang 3 : " eh urang mah aneh siah,, urang mah dulu pas basa SMA pinter, rajin.. pan urang aksel (program percepatan studi) naha pas basa kuliah jadi marales kiyeu.. basa semester 1 we alus nilai teh, semester 2 mah haha ges kamana"
Orang 3 : " sama, da urang mah mikirna kiyeu.. mau serius ga serius,, mau rajin,, nilai bagus atau ma yang ga rain nilai jelek bodo ge sama2 aja pasti bakal ketrima jadi guru.. ga ngaruh"


Yang jadi sorotan utama adalah kalimat terakhir..
kalo dipikir-pikir ironis juga,, kebanyakan mahasiswa (bukan bermaksud menjudge:: melihat dari sekitar) ketika telah menjadi mahasiswa banyak yang berubah haluan.. ada yang bilang kesasar lah,, ngga sesuai dengan minat lah,, disuruh orang tua lah,, ngga tau kalo ga kuliah mau apa lah dan lain sebagainya.. Saya?? kayanya termasuk yang terakhir, ngga tau mo ngapain kalo ga kuliah.. haha.. Larinya?? ada yang positif ada yang negatif..
Yang positif,, ya seperti organisasi hingga terlalu asik atau kerja nyari duit kuliah mah nomer sekian.. Negatif?? ya pasti sudah pada tau semua banyak lah,, sering diceritain di TV-TV atau muncul di berita2.. Kadang saya juga suka males,, bukan kadang lagi sering malah.. ga tau kenapa,, kayanya mah emang sayanya orang yang males kali ya.. hehe.. kalo lagi kumat malesnya, celakanya sering,, udah deh males ke kampus n ujung-ujungnya ngantuk di kelas.. (bukan untuk di contoh) haha... 

Satu-satunya yang bikin saya bertahan, kalo ngga inget masih menadahkan tangan ke orang tua,, entah udah jadi apa kuliah saya itu... ckckck..

Lagi-lagi bukan itu yang menjadi topik utama,, itu hanya sekedar gambaran umum mahasiswa Indonesia (sejauh yang saya tau dan alami--mungkin juga sok tau) walaupun masih banyak juga yang menjadi mahasiswa baik-baik..

Kembali ke topik utama, ke kalimat terakhir dari percakapan tersebut..
WAlaupun saya tidak bisa dikatakan mahasiswa yang tidak bandel,, tapi agak gatel juga ni kuping mendengar hal seperti itu..
Permasalahan Indonesia selama ini,, terutama dalam masalah pendidikan adalah masih rendahnya mutu pendidikan di Indonesia..

Saya kuliah di Universitas yang katanya mencetak calon-calon guru yang handal..
Tapi ketika mendengar hal seperti itu,, (yang kadang menjadi slentingan bahan bercanda) agak miris juga..
Bagaimana bisa meningkatkan mutu pendidikan sedangkan calon pendidiknya saja sudah berfikiran seperti itu.. Memang nilai tidak dapat menjadi tolak ukur ketercapaian materi yang di dapat oleh seseorang,, tapi paling tidak nilai dapat dijadikan sebagai gambaran umum. Teman-teman saya sering berdalih,, yang penting prakteknya.. Saya setuju dengan itu,, otak cemerlang ga bisa menyampaikan dengan baik pun tidak akan membantu terlalu banyak.. Tentu kita menginginkan yang ideal, seimbang antara keluasan materi dan dapat menyampaikannya dengan baik. Tapi kalo dipikir lagi, materi aja ga ngerti, ga menguasai karena pas kuliah ngantuk terus (::kaya saya::) gimana mau bisa menyampaikan dengan benar?? Sedangkan apa yang mau disampaikan saja tidak tau..
Gimana kalo gini,, memang sudah pasti akan keterima dengan kondisi yang seperti itu,, tapi bukankah lebih baik kalo sudah pasti keterima dan kita mempersiapkan dengan baik demi mutu pendidikan yang lebih baik.. (sok idealis-->padahal juga ga tau ni:: cuma bisa omong doang saya juga) ya walaupun ini omong doangnya saya,, saya juga kesindir juga ya ma tulisan sendiri.. hoho...
Ini hanya pikiran subyektif dari saya saja sih yang tiba2 terlintas dalam benak ketika mendengar hal itu..

Share:

0 komentar