Saat Ga Ada Ide

Malam ini, rencananya mau bikin tugas resume kelas menulis. Judulnya udah kepikiran dari kemarin pas kelas masih berlangsung. Seperti biasa, materinya selalu kereen. Ga ngerti lagi, om Jay kaya ga pernah kehabisan temen keren buat berbagi. Emangnya kamu vi? Eh temen-temenku juga keren-keren ding.


Tak seperti biasa, kemarin malam aku ga langsung buat resume. Tugas-tugas sekolah masih menanti buat diberesin. Yaudah lah ya beresin dulu yang paling penting dan paling mendesak dulu. Lagian, resume itu mau dibawa kaya gimana juga belum kepikiran, masih blank. Mau ditulis kaya kemarin-kemarin kok bosen.

Akhirnya, kemarin aku cuma tulis judul aja, karna cuma itu yang kepikiran. Lalu sudah, ditinggal dalam bentuk draft di unggahan blog. Kutinggal mengerjakan tugas sekolah. Selesai sekitar jam 1 malam. Mau nyoba lanjut nulis resume, blank. Malahan otak nyuruh nulis puisi, ealah. Boleh di cek di unggahan sebelum ini. Judulnya madah lara. 

Malam ini ku azamkan untuk nulis resume. Yaampun nulis resume aja dramanya panjang vi. Masih blank dong sodara sodara. Kubaca lagi materi semalam, masih sangat terasa kerennya. Tapi mau nulis dari mana, ga kepikiran satu kalimatpun. Ketik hapus ketik hapus gitu we terus sampe sejam. Unfaedah waktu sekali.

Akhirnya iseng buka notifikasi komentar, eh ada komentar baru, dari sahabatku Ditta. Salah satu sahabatku yang sangat keren sejak dulu pertama kali kenal. Kita satu kosan, kalau kita lagi berantem diem-dieman terus ntar tiba-tiba udah baikan lagi. 

Kita jarang ngobrol, dia sangat sibuk dengan kegiatannya yang bejibun aku pun sibuk dengan organisasiku yang kegiatannya juga bejibun. Tapi anehnya, dia selalu tau aja kapan aku butuh puk puk tanpa aku ngomong. Cirembay we akhirnya. 

Singkat cerita, setelah aku balas komentarnya aku meluncur ke blognya. Daripada mau nulis ga dapet dapet ide kan ya. Biasanya, habis baca-baca suka dateng sendiri itu kalimat pertama. Kalimat pertama yang entah bakal jadi kalimat pertama beneran atau malah jadi kalimat terakhir atau hilang, gimana editing habis nulis aja.

Pembaca petrichor story, meluncur juga deh ke blog Ditta. Keren-keren isinya dan bahasanya khas dia banget. Gaya bahasa yang saya kenal sejak blog-blog jaman kami kuliah dulu. Ini dia https://dittawidyautami.blogspot.com/?m=1

Nah, aku membaca tulisannya yang berjudul "Menulis Tanpa Ide? Emang bisa?" kalau ga salah itu judulnya. Maapkan saya yang suka lupa, padahal baru beberapa menit yang lalu. Cocok sekali dengan keadaan saya kan. Disitu dia cerita tentang tips dari Om Bud, bagaimana menulis tanpa ide.

Pertama buat Cerita Tidak Penting. Pokoknya itu cerita tentang apa aja yang penting "tidak penting". Poinnya adalah membawa emosi pembaca ikut larut dalam cerita ga penting itu. Mau itu senang, sedih, marah, lucu, pokoknya yang ga penting dan bikin emosi.

Kedua, cari beberapa kata atau benda. Buat kalimat atau cerita dari beberapa kata itu. Kata om Bud, dalam tulisannya Ditta, misal ambil 6 kata. Kalau saran om Bud, pake aja kata benda yang ada di sekitar kita saat kita ngeblank.

Cara kedua ini yang sedang saya praktekkan. Tapi saya tidak menggunakan kata benda yang ada di sekitar saya. Saya pake kata Ditta, Carpenting, Resume, Komentar, Ga punya ide (ini kalimat sih, wkwk), Nulis. Jadilah tulisan ini. Banyak juga ya. Nulis sambil nglantur ya gini ni.

Kembali ke masalah resume tadi. Kapan mau ku kerjakan? Ya ampun vi, ternyata belum beres drama resumenya. #tepokjidat

Magelang, 11 Juni 2020

Share:

4 komentar

  1. Hahahah, mantul. Ku pun masih disimpen di draf 😁 semoga bisa segera eksekusi. Tx y Vi ...

    ReplyDelete
  2. Semangat...jgn menyerah...ayo kunjungi blog sy jgn lp comen,sp tahu dpt ide d sana...diarynulfah.blog.spot

    ReplyDelete