Menimba Pengalaman dari Mr. Bams

Sebuah rangkuman belajar dari kelas menulis "Belajar Menulis Bersama Om Jay" melalui WA Group.

Hari/Tanggal     : Jum'at, 12 Juni 2020
Narasumber      : Bambang Purwanto (Mr. Bams)
Tema                 : Kisah Guru Ngeblog di Wordpress


Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah. 
Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya
Bermodal mau maka akan menjadi bisa.
-Bambang Purwanto-

Narasumber malam ini, sudah tidak asing bahkan bagi kami yang baru mengenal dunia kepenulisan khususnya komunitas PGRI. Yap, malam ini kami akan menimba pengalaman dari Mr. Bams. Sejak awal bergabung di WA grup belajar menulis ini, Mr. Bams sangat aktif membagikan tulisan-tulisannya dan juga bertanggung jawab atas data registrasi peserta hingga presensi kehadiran kelas.

Mr. Bams Sang Guru Blogger
Mr. Bams memulai aktivitas ngeblog sejak 2009. Pada tahun tersebut Mr. Bams menjadi pembina ekstrakulikuler blog. Pada mulanya Mr. Bams menggunakan Multiply, sebuah laman ngeblog kroyokan yang hits di era itu. Setelah Multiply berpindah haluan dan "mengusir" para bloggernya, Mr. Bams pindah ke ngeblog dan menggunakan wordpress. 

Jika ditanya, kenapa ngeblog Mr? Rupanya Mr. Bams ini penggemar literasi garis keras, Beliau sangat senang menulis. Nah, jika ditanya kenapa membuat blog? Berikut jawaban Mr. Bams.
Tujuan Ngeblog
  1. Malu, sebagai guru TIK ga punya blog
  2. Malu, sebagai penggiat literasi ga punya blog
  3. Berbagi pengalaman
  4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)
  5. Menghasilkan rupiah
Isi Blog tu Apa Aja?
  1. Apa aja sesuka kita. Sukanya apa, itu yang ditulis di blog.
  2. Sesuatu yang bermanfaat
  3. Sesuatu yang membantu orang lain
Kalau penasaran isi blognya Mr. Bams apa aja langsung meluncur ke blog beliau di penamrbams.id
Sebagai bocoran, ada tiga konten utama di blognya Mr. Bams, yaitu
  1. Berita, tayang setiap pagi
  2. Suka-suka, tayang setiap siang. Namanya suka-suka, ya suka-suka lah kalau kadang ga tayang
  3. #tulisansebelumtidur, tayang setiap malam. Konten ini yang sangat akrab dengan kami. Setiap malam Mr. Bams pasti membagikan link #tulisansebelumtidur ke WA grup.
Bagaimana Agar Blog Ramai?
  1. Bergabung dengan komunitas. Bagikan tautan blog ke dalam komunitas setelah menulis.
  2. Sering memperkenalkan blog kita. Caranya sama seperti poin 1, bagikan tautan blog. Tidak hanya ke dalam komunitas, akan tetapi ke semua akses yang kita punya, salah satunya melalui media sosial.
  3. Rajin berkunjung ke blog lain. Jangan lupa meninggalkan jejak agar yang dikunjungi tau kalau kita berkunjung ke blognya. Selain saling mendukung sesama blogger, pengunjung lainpun dapat melihat profil kita disetiap blog yang kita kunjungi. 
  4. Buatlah blog kita untuk membantu orang lain. Poin ini dapat juga diartikan, buatlah konten yang bermanfaat.
Manfaat Mengelola Blog
  1. Menyimpan tulisan. Pernah mendengar jejak dunia maya tidak dapat dihapus? Begitupun tulisan kita di blog. Jika kita hanya menyimpannya di laptop ataupun di buku tulis maka kemungkinan hilang sangat tinggi. Berbeda jika kita unggah ke blog, tulisan kita aka berjejak.
  2. Melatih menulis. Dengan terbiasa menulis di blog, secara tidak sadar kita melatih keterampilan menulis kita. Tentunya keterampilan yang di asah rutin akan meningkat kualitasnya. Seiring meningkatnya kualitas tulisan kita, pasti kualitas diri kita pun meningkat.
  3. Membangun kepercayaan diri baik kepercayaan diri sebagai personal maupun kepercayaan diri akan tulisan yang dibuat. Seperti yang kita tau, tulisan di blog dapat dibaca secara umum. Mau tidak mau kita harus siap menerima kritik dan saran akan tulisan kita. Tentu hal tersebut jika diterima dengan lapang dada dan diterapkan, akan membangun kepercayaan diri dalam menulis.
Jika pembaca Petrichor Story ingin tau atau ingin membuat blog di wordpress tapi belum tau caranya, bisa banget menghubungi Mr. Bams di blog. Karena Mr. Bams ini juga menjadi pelatih di kelas membuat blog. Ada kelas dasar, ada kelas lanjutan juga. 

Mr. Bams, Ayah Salwa Sang Pendongeng
Kecintaannya kepada anak-anak membuat Mr. Bams menjadi seorang pendongeng jauh sebelum terjun di dunia perblog-an. Bahkan sampai sekarang Mr. Bams masih menjadi pendongeng tetap di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. Ayah Salwa adalah nama panggung yang digunakan Mr. Bams dalam dunia perdongengan. Salah satu tokohnya, Maryo Teduh, dimainkan dengan sangat apik melalui Voice Note semalam. Maryo Teduh sendiri, selain plesetan nama seorang motivator terkenal juga memiliki arti nama yang unik. MarYo TeDUH, Mari Ayo Tenang Dalam Urusan Hidup. 

Mr. Bams Sang Penggerak Literasi
Totalitas Mr. Bams di dunia literasi, bukan hanya seorang blogger, penulis dan pendongeng saja. Mr. Bams juga aktif mengajak masyarakat untuk gemar membaca dengan mendirikan Taman Baca Masyarakat Lebakwangi di rumahnya. Tak hanya sendiri, Mr Bams mengelola TBM tersebut bersama istri dan anaknya. Kegiatan TBM Lebakwangi dapat diikuti pada laman lebakwangimembaca.wordpress.com 

Selain mendirikan dan mengelola TBM Lebakwangi, Mr. Bams juga aktif dalam kegiatan literasi di sekolah atau yang sekarang disebut dengan Gerakan Literasi Sekolah. Bahkan SMP Taruna Bakti, sekolah dimana Mr. Bams mengabdi mendapatkan juara Literasi Kategori Utama Kabupaten Bandung. 

Pesan Mr. Bams dalam Kesimpulan
  1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.
  2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya. 
  3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.
  4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan
Spesial Pesan Maryo Teduh

Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah. 
Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya
Bermodal mau maka akan menjadi bisa.

Menulislah apa yang diinginkan
Menulislah apa yang bisa ditulis
Jangan sampai menulis yang tidak bisa ditulis
Tulislah sehingga tulisan itu bermanfaat

Salam Super Seterusnya


Mr. Bams Fun Fact :
  • Mr. Bams kembar
  • Lahir kedua karena kalah hompimpah di perut ibuknya
  • Kakak kembarnya perempuan
  • Poin 1,2,3 benar adanya kecuali poin 2 bagian hompimpah, saya tidk yakin wkwkwk. (Jangan spaneng guys)


#SalamLiterasi

Ratna Dhevi F.
Magelang, 13 Juni 2020

Share:

14 komentar

  1. Keren mbak... mdh2an saya juga bisa kreatif dan totalitas dalam menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terimakasih.
      Semangat bu Ana.
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. Waah,, walau ngg aktif.. Jd tau ttg mr. Bams.. Tenkyuuuu tulisannya menyenangkan dan mengilhami

    ReplyDelete
  3. Luar biasa, tulisannya perfect Bu Dhevi, sepertinya saya sedang berada di kelas lagi, dapat dijadikan alternatif jika saya pas gak bisa gabung kelas,
    Semangat menulis Bu,💪🏾

    ReplyDelete
  4. Ok..mntpp pak jg trims info hari donor darah sedunia...

    ReplyDelete