MELURUSKAN NIAT MENGIKUTI WEBINAR



Berawal dari webinar besutan PBPGRI yang berjudul “Self Driving For Teachers” yang di salah satu sesinya menghadirkan Om Jay sebagai pemateri untuk menggantikan pemateri yang berhalangan hadir. Dalam sesinya ini, Om Jay guru blogger yang juga penulis hebat ini akhirnya dapat mengompori kami para guru dari seluruh Indonesia untuk memulai menulis. Terbukti dengan antusiasnya para guru untuk mengikuti kelas menulis yang di adakan Om Jay bersama PBPGRI melalui grup WA.

Singkat cerita, alhamdulillah saya mendapatkan kesempata untuk dapat bergabung dalam kelas menulis tersebut. Masyaa allah antusias guru-guru di dalam grup sangat luar biasa padahal kelas belum mulai. Memang calon peserta ini datang dan pergi, karena memang link untuk bergabung di grup ini di sebar bebas. Sehingga selain peserta webinar pun dapat bergabung dalam kelas menulis ini. Kelas memang belum mulai dan pendataan peserta kelas juga baru dilaksanakan hari ini, jadi sangat wajar jika calon peserta masih keluar masuk grup. Jika tidak sabar menanti atau merasa tidak cocok sah sah saja jika ada calon peserta yang memutuskan keluar grup.

Berbicara tentang niat, tentunya sangat beragam niat yang mungkin dimiliki oleh para calon peserta kelas menulis ini. Dalam form pendataan peserta, Om Jay pun menambahkan kolom motivasi apa yang mendorong peserta mengikuti kelas menulis ini. Saya yang sebenarnya mengikuti kelas menulis ini karena terbakar kompor semangat yang dinyalakan Om Jay dalam sesi webinarnya, akhirnya menelisik kembali apa motivasi kuat saya mengikuti kelas ini. Jika kita pikirkan lagi, sangat sayang waktu yang kita luangkan mengikuti 20 pertemuan ditambah pertemuan-pertemuan non formal lainnya jika hanya karena iseng atau kena trigger.

Hari ini, saya mengunjungi kanal Youtube Om Jay dari sebuah link yang dibagikan om Jay setelah mengunggah kegiatan belajar di TK Negeri 17 Bengkayang kiriman bu Heny salah satu peserta kelas menulis. Qadarullah, video rekomendasi selanjutnya adalah video yang berjudul “Meluruskan Niat Menerbitkan Buku Satu”. Saya sangat tertarik dengan judulnya sehingga tanpa pikir panjang saya klik video tersebut. Belum ada satu menit saya menonton, saya sangat tertampar dan membuat saya kembali mempertanyakan niat saya apakah saya serius dan fokus dalam belajar menulis dan menerbitkan buku.

Layaknya sebuah kelas, selain ada pembelajaran tentunya akan ada tugas-tugas yang mengikuti. Para guru juga pasti sangat tau apa fungsi tugas, tentunya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai pembeajaran yang sudah diikuti. Begitupun di kelas menulis ini, pasti akan ada tugas yang akan diberikan oleh Om Jay dan tim. Dalam video tersebut, Om Jay menyebutkan jika ada guru yang  menghubungi beliau bagaimana jika sertifikat diberikan tanpa harus mengerjakan tugas. Om Jay menyampaikan jika kurang sepakat dengan hal tersebut dan kemudian mengajak para peserta kembali meluruskan niat untuk apa mengikuti kelas menulis ini. Apakah karena sertifikatnya atau karena belajar menulisnya.

Nah, mumpung belum dimulai kelas menulisnya mari kita meluruskan niat supaya semangat mengikuti kelasnya nanti dan tentunya mengerjakan tugas-tugasnya. Pun bagi saya walau sudah berjalan, harus kembali memperbaiki niat dalam mengikuti webinar “Self Driving For Teachers” agar dapat berusaha semaksimal mungkin mengikuti webinar dengan penuh. Artinya bukan hanya tubuh aja mengikuti akan tetapi pikiran juga.

Berikut adalah video om Jay yang saya tonton

~dhe
Yogyakarta, 10 Mei 2020
#salam literasi

Share:

2 komentar