Obat BB Tadisional, Murah Meriah dan Mudah

Bau badan?? Aiiihh,, pasti engga banget lah yaa..
Tapi celakanya ada beberapa orang yang menyandang penyakit bau badan ini dan juga menjadi masalah bagi para penggemar aktivitas tinggi. Bau yang ditimbulkan ini akhirnya membuat tidak PeDe dan solusi yang ditawarkan akhir-akhir ini adalah penggunaan deodoran baik dalam bentuk bedak ataupun krin dan gel. Padahal menurut dokter Hafid N (pengasuh rubrik kesehatan di salah satu website konsultasi) menyebutkan penggunaan deodoran atau parfum pada daerah yang berkeringat sangat banyak justru akan memperparah bau badan. Nah loo gimana tuuh..


Bau badan ini disebabkan oleh keringat yang dikeluarkan tubuh. Keringat yang dikeluarkan tubuh ini, mempunyai aroma khas seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol). Bau badan yang disebabkan oleh keringat terjadi karena penguapan keringat dari permukaan kulit, atau banyaknya aktifitas fisik. Bau badan ini diperparah dengan keberadaan koloni bankteri. Interaksi antara bakteri dengan keringat menimbulkan bau yang luar biasa ga enak.

Naaahh,, ini dia. Patut dicoba berbagai macam obat BB tradisional yang mudah, murah, dan bisa dibuat sendiri.

1. Melati

Bunga Melati
Melati merupakan tanaman perdu menahun yang sering ditanam sebagai pagar rumah. Bunga yang dinobatkan sebagai puspa bangsa ini berbau harum yang khas. Salah satu penggunaannya untuk campuran teh sehingga teh yang disajikan mempunyai aroma melai yang wangi. Di Jawa dan Sunda, melati banyak digunakan untuk hiasan rambut, sanggul, atau senjata dalam upacara pernikahan. Bagaimana melati berfungsi sebagai obat BB. Ini caranya.
- 30 kuncup melati dimasukkan ke dalam air yang telah masak
- Tutup gelas menggunakan platik bening kemudian lubangi kecil-kecil
- Biarkan mengembun selama semalaman
- Paginya silahkan minum air melati tersebut

2. Luntas
Luntas

Luntas atau dalam bahasa Indonesia disebut Beluntas atau di Sunda sering disebut dengan Baruntas atau Baluntas adalah tumbuhan semak bercabang banyak. Daun Luntas ini berbau langu dan rasanya getir atau pahit. Penggunaan luntas untuk obat BB ini dapat dengan memakan daunnya langsung sebagai lalapan, dikukus, direbus kemudian airnya diminum. Dapat juga pada air rebusan luntas yang telah disaring ditambahkan madu untuk mengimbangi rasanya yang getir/ pahit.

3. Kemangi
Kemangi 
Kemangi atau dalam bahasa sunda disebut surawung, merupakan lalapan paling terkenal. Bagi orang jawa dan sunda kalau lalapan belum ada kemangi rasanya belum afdhol. Kemangi mempunyai wangi yang khas dengan aroma yang sangat tajam. Sangat cocok digunakan untuk pengusir bau badan. Konon para putri raja-raja jawa jaman dulu juga menggunakan kemangi sebagai pengusir bau badan mereka selain dengan mandi pake bunga yang wangi-wangi. Sama halnya dengan Luntas, Kemangi ini dapat langsung dimakan sebagai lalapan. Dimakan rutin 1 genggam setiap pagi dan sore.

4. Blimbing Wuluh
Blimbing Wuluh
Blimbing wuluh atau Blimbing sayur ini memang banyak digunakan untuk membuat sayur. Rasanya sangat asam. Dulu saya sering menggunakan blimbing wuluh ini ketika sakit gondongen atau gondongan (beda dengan penyakit gondok yaa). Penggunaan untuk obat BB bisa dimakan juga langsung buahnya sebagai lalapan. Atau kalau temen-temen penggemar jus, bisa tuuh di buat jus. Yang pasti rasanya asyeeeeemm banget..




5. Kunir
Kunir
Kunir atau Kunyit atau Koneng merupakan rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masak. Dalam dunia jamu, kunir/ kunyit digunakan untuk jamu pelancar haid dan jamu pelangsing tubuh alias jamu untuk diet. Kunir/ kunyit juga mempunyai bau yang khas walau tidak menyengat. Cara menggunakan kunyit untuk obat BB, parut 2 buah rimpang kunir/ kunyit kemudian masukkan kedalam air gula aren aduk-aduk, saring atau tunggu hingga kunyit mengendap. Minum setiap akan beranjak tidur malam.


6. Sirih
Daun Sirih
Ini dia deodoran alami. Kayanya deodoran jaman sekarang terinspirasi dari daun yang mempunyai banyak manfaat dalam kesehatan ini. Tumbuk halus daun sirih ini bersama kapur sirih kemudian oleskan pada ketiak (anggap aja bedak deodoran,, hehe). Kalo ga mau dioles atau males numbuknya, diminum juga bisa kok. Rebus beberapa helai daun sirih, saring trus minum deh itu air rebusannya. Sirih biasanya terkenal digunakan sebagai obat keputihan dan masalah-masalah organ kewanitaan.


7. Temulawak
Temulawak 
Temulawak atau di sunda sering disebut dengan Koneng Gede, biasanya digunakan untuk obat penambah nafsu makan. Nah ternyata temulawak ini bisa digunakan juga untuk obat BB. Caranya dengan parut kemudian peras. Air perasan didihkan sebelum diminum sisa perasannya dapat dibalurkan di ketiak maupun seluruh badan.





Sebenarnya masih banyak tanaman-tanaman yang dapat digunakan sebagai obat BB, seperti jeruk purut, jeruk nipis, jahe, bunga kecombrang, mentimun, dan cengkeh. Lain kali saya tuliskan caranya, sekarang udahan dulu aah..

Sumber
Panjebar Semangat (dengan alih bahasa dan pengubahan redaksi kata-kata)
menghilangkanbaubadan.com (dengan pengubahan redaksi kata-kata)

Tags:

Share:

0 komentar